Latest Posts

Jangan sungkan memberi pujian

By 16.56

Ya, jangan sungkan kalau memang benda/barang/kelakuan itu bagus, pujilah.. tapi, jangan berlebihan sekali ya.. Menurutku, orang-orang perlu pujian. Karena, mereka akan merasa bahwa hasil mereka sudah bagus, dan dihargai oleh kita. 




Tapi sering aku lihat, orang memberi pujian dengan kata tapi diakhir kalimat pujian. Hei, jujur, aku juga pernah begitu kok. "Bagus, tapi (kekurangan)". Memang salah dalam memberi kritikan? Bagi beberapa orang, kritikan masuk dalam 'hinaan' atau semacamnya. Tapi bagi beberapa orang, kritikan juga masuk 'motivasi'. 











Orang bule atau orang asing, sering sekali memberi pujian. Itu kata guruku lho ya.. jangan salahkan aku kalau kalian ketemu orang bule ngejelekkin kalian. Tapi, memberi kata-kata positif bukannya lebih baik dari pada kata-kata negatif? Kata positif seperti, bagus, teruskan, hebat, mengagumkan (walaupun agak berlebihan rasanya), kan lebih enak didengar..



Atau..

Kata-kata itu pasti bisa memberi support bagi orang. Karena mereka mendapat perhatian dari kita. Pada akhirnya, terserah kita tulus atau tidak, yang menilai hanya Yang Diatas. Kadang kala, aku sebagai murid sekolahan, pastinya pernah dapet pujian dan kritikan. Dapet pujian karena nilai 100 (ulangan), gambarku bagus, atau lainnya (alias banyak xixixi enggak deng..)


Atau dapet kritikan agak pedes-pedes kayak cabe ijo gitu deh.. Jujur banget, jarang sih.. Tapi kalau sekelas, pernah aku dapet bukan kritikan ya, jadinya seperti ejekkan. Weleh-weleh, kok jadi ejekkan? Ya, nama-nama di kebun binatang Safari jadi korbannya. Rasanya, kelas itu penuh dengan nama binatang. Kalau gak binatang yang keluar, kata-kata kadar deh yang keluar..






Anak *nama sekolahku bagi yang tau harap diam* kok ngomongnya begitu! Apalagi, mereka sering ngomong blak-blakkan. Rasanya hancur hatiku... Yang ngomong juga gurunya! Duh, mencontohkan yang gak baik pada muridnya deh.. tapi kalau dikritik, dan lagi sensitif (apalagi remaja yang sedang datang bulan, xoxoxo) kan rasanya pengen cakar-cakarin mukanya ya.. 


Tapi kalau memang sabar dan kalem menghadapi kritikan, ya, tenang-tenang saja dan mengambilnya sebagai motivasi dong.. Saranku, kalau kepengen mengkritik, harap pakai kata yang sopan juga.. jangan langsung blak-blakkan, "Ihh, jelek banget!" Bisa-bisa gak selera makan nanti! Ya biasa aja, atau sebutkan mana yg kurang dengan hati lembut.. dijamin, deh, mukamu masih alus karena gak kena cakaran maut! Hihihi. 


Pengalaman nih, aku dan seluruh murid sekolah *teeeetttt. sensor. sensor* lagi ada muhadhoroh. Acara muhadhorohnya itu beragam, mulai dari percakapan, pidato de el el deh.. waktu bagian kisah, para penonton serius banget dengerinnya.. ditengah-tengah acara tiba-tiba lampunya mati! Spontan, anak-anak langsung koor teriak, "Huuu!!












Siapa yang gak sakit hati kalau digituin? Nantinya jadi balas dendam, duh, gak banget. Kan, bukan yang baca cerita yang buat lampunya mati! Kita gak boleh segitunya deh.. Tapi, memuji orang juga jangan sampai, "Waw, kau belajar di USA sejak kapan? Hebat sekali! Improvisasimu sangat mengagumkan dan sangat menawan! Aksi panggungmu memeriahkan suasana penonton!


Nanti yang ada juga, si orang yang dipuji bingung, dan berkata dalam hati, "Saya gak ngerti apaan improvisasi, saya juga gak melakukan aksi panggung bak sirkus.. aneh.." Sambil melengos pergi. Berlebihan. Lebay. 


Ya pokoknya kalau kita kepengen memuji, memujilah dengan pintar. Pokoknya, pujilah seseorang dengan kata-kata yang positif, okay? Ingat ya, kritikan juga boleh, cuman jangan blak-blakkan. 


Sipp... silahkan mencoba.. 


Sumber : Myblogveda (http://myblogveda.multiply.com)

You Might Also Like

7 comments

  1. tapi jangan sampai pujiannya seperti gambar terakhir diatas(jempol menghadap kebawah) hehee

    BalasHapus
  2. Kalo menurutku kayaknya kalo orang bule tuh kalo bagus ya dipuji, kalo nggak yang dikritik. Nggak kayak orang Indo, jelek dibilang bagus. Basa basi busuk~

    BalasHapus
  3. terlalu banyak pujian juga nggak bagus loh.. mencoba bersikap jujur saja :D

    BalasHapus
  4. Kata guruku, memuji sama aja mencela karena membuat orang sombong dan tidak ikhlas ..

    BalasHapus
  5. All : Thanks for visit...

    Kak Atma : iya kak, yang bener jempolnya ke atas yah...
    Kak Una : bener tuuuhh... *btw, namanya gaya amat, kak ^_^
    lukisananakperempuan : silahkan, silahkan... Jangan bosan yach...
    kak Hima : Setujuuuu!!!
    Izzah : Ya memuji boleh, asal gak terlalu membuat orang sombong atau ke-PD an...

    BalasHapus
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah