Latest Posts

(Tentang) Puisi Cinta

By 18.12

Bismillahirrahmanirrahim..


"Bikin puisi? hii.. nggak deeh.."   


http://www.smileycodes.infoGitu kata anak banat temen-temen sekelasku saat ummu Syakira, guru bahasa Indonesia kami memberi tugas membuat puisi dengan tema bebas yang nantinya akan dibuat kliping oleh beliau.

Menurutku sih, mereka aneh banget, abisnya.. file (binder) mereka aja penuh sama puisi-puisi tapi kok disuruh buat puisi selembar doang aja kok ngeluh gak bisa gitu..  Malahan ada beberapa temen-temenku yang ahli bikin puisi tapi ikut-ikutan ngedukung mereka-mereka yang gak mau bikin puisi, entah emang karena pada males, atau gak mau ngerjain tugas.
http://www.smileycodes.info
Pas aku tanya ke salah seorang ahli puisi yang merupakan sahabatku, dia bilang, dia tuh bisanya puisi Cinta. Jiaah.. cinta katanyaa.. Bukan cuma dia yang alasannya gitu, ada beberapa yang lain juga. Dan emang yang aku tau umur segini tuh emang jaman-jamannya lagi pada cinta-cintaan, jadi binder yang setebel itu isinya cintaaa semua, fyuuh.. sampe bosen bacanya. Emang bener sih, peribahasa yang mengatakan kalau setiap yang jatuh cinta itu bisa menjadi pujangga, ya seperti temen-temen aku saat ini laah..

http://www.smileycodes.info
Karena emang hampir sekelas pada nggak setuju, akhirnya seorang temenku nanya ke ummu Syakira, boleh gak puisinya tema cinta-cintaan, dan akhirnya -karna mungkin kasian liat kita-kita-, ummu Syakira pun ngebolehin dengan tema begitu.. temen-temenku pun juga jadi pada seneng deh, dan pada siap ngerjainnya dengan semangat. Yang awalnya pada cemberut, jadi pada sibuk buka-buka binder sana-sini, nyari-nyari mana puisi yang bagus menurutnya, padahal mah, belum tentu itu puisinya hasil karya sendiri, biasanya pada copas-copas dari penulisnya, meskipun sebagian ada juga sih yang bikin puisi baru.


Aku sendiri sebenernya gak kepikiran buat bikin puisi cinta kaya mereka, aku udah siapin puisi yang rada bagus buat dibuat kliping, judulnya



Bilangan Prima

Oh… bilangan prima
Kau begitu memesona
Engkau adalah dasar dari komunikasi alam semesta
Bukan hanya manusia, namun seluruh makhluk di jagat raya

    Oh… bilangan penuh misteri
    Jika engkau di bagi dengan dirimu sendiri,
Engkau akan menjadi awal angka lagi       
Jikalau di bagi dengan angka satu
kau kembali menjadi dirimu
engkau tidak bisa dibagi dengan selain satu dan yang semisal denganmu

Oh…. Bilangan berjuta makna
Kau bertebaran di penjuru alam raya
Dari jumlah ruas tulang leher dan pungung manusia
Hingga system peredaran bulan di angkasa

    Oh….. pemilik tunggal dua faktor
    Engkau adalah pelopor
    Bagi angka-angka ganjil bernomor
    Kecuali angka dua yang telah tersohor
    Dirimu tak punya pohon faktor
Hingga binasa berjuta meteor

Oh… bilangan tanpa caci
Kau terpatri dalam kitab suci
Tuntunan bermilyar insani
Hingga matahari tak terbit lagi

    Oh…. Bilangan abadi
    Engkau berfungsi sebagai enkripsi
Bagi bertriliun rahasia Ilahi
Agar tercipta keseimbangan hakiki

Oh…… bilangan Prima
Kau tercipta tidak sia-sia
Tuk menjaga syariatNya

Dalam Kitab suci yang mulia, 
bagi Insan yang mengharap sua denganNya.


http://www.smileycodes.infoNah, gitu isi puisinya, bagus kan yah? dibanding puisi cinta yang biasanya isinya lebay dan mellow gitu.. Aku baca berkali-kali, ehm.. lumayan. Tapi kok rasa-rasa ada yang kurang gitu.. nggak ada serunya, nggak ada kesan indahnya gitu.. Terus gimana donk? 

Aku berusaha nyari jenis puisi gimana yang bagus untuk dikumpulkan, dan nggak bakal malu-maluin kalau dibaca sama orang-orang, akhirnya ketemu-lah sebuah puisi indah yang nggak gitu lebay ala-ala temen-temenku yang lain, puisi indah itu karangan seorang penulis terkenal, yaitu Tere Liye. Berikut isi puisinya :



Memilikimu

Aku mencintai sunset,
Menatap kaki langit, ombak berdebum
Tapi aku tidak akan pernah membawa matahari pulang ke rumah,
kalaupun itu bisa dilakukan, tetap tidak akan aku lakukan

Aku menyukai bulan,
entah itu sabit, purnama, tergantung langit sana
Tapi aku tidak akan memasukkannya ke ransel,
kalaupun itu mudah dilakukan, tetap tidak akan aku lakukan

Aku menyayangi serumpun mawar
berbunga warna-warni, mekar semerbak
Tapi aku tidak akan memotongnya, meletakkannya di kamar
tentu bisa dilakukan, apa susahnya, namun tidak akan pernah aku lakukan

Aku mengasihi kunang-kunang
terbang mendesing, kerla-kerlip, di atas rerumputan gelap
Tapi aku tidak akan menangkapnya, dibotolkan, menjadi penghias meja makan
tentu masuk akal dilakukan, pakai perangkap, namun tidak akan pernah aku lakukan

Ada banyak sekali jenis cinta di dunia ini
Yang jika kita cinta, bukan lantas harus memiliki

Ada banyak jenis suka, kasih dan sayang di dunia ini
Yang jika memang demikian, tidak harus dibawa pulang

Egois sekali, Kawan, jika tetap kau lakukan.
Lihatlah, tiada lagi sunset tanpa matahari
Tiada lagi langit indah tanpa purnama
Juga taman tanpa mawar merekah
Ataupun temaram malam tanpa kunang-kunang

Ada banyak sekali jenis cinta di dunia ini
Yang jika cinta, kita akan membiarkannya
Seperti apa adanya
Hanya menyimpan perasaan itu dalam hati


Selalu begitu, hingga akhir nanti.


http://www.smileycodes.info
Sukaaa banget dengan kata-katanya, indah tapi unik.. beda sama puisi-puisi cinta biasa.. Selain puisi itu, banyak juga puisi-puisi lainnya yang nggak kalah indahnya, apalagi kata-kata mutiaranya, kerasa dalemm banget nyampe masuk ke hati, membuatku bisa meng-introspeksi diri sendiri. Pokoknya TOP banged deh.. Kadang aku juga berharap, pengen bisa membuat puisi atau kata-kata seperti beliau, yang bisa menjadi sebuah kutipan indah yang akan selalu diingat oleh semua orang. Tapi kapan? yaa.. doakan sajalah, ok?


Ya jadi, begitulah akhirnya.. semua teman-teman semangat sekali membuatnya, dihias macam-macam, tempel ini-itu.. Masya Allah yah? Cinta emang bisa membuat seseorang berbeda.. ^^  Aku aja, nyiapin kertas HVS nya aja belum, abisnya kan, deadline nya masih lama.. jadi gapapa donk ditunda dikit? hee..  


O ya, akhir kata, aku mau mencantumkan sebuah quote indah karangan kak Tere Liye nih, salah satu diantara banyaknya kata-kata yang disampaikannya, selamat memahami.. (kalau bener-bener paham, pasti tau deh makna cinta yang sebenarnya, Insya Allah..)



Di dunia ini, banyak orang mencintai seseorang yang bahkan bicara dengannya langsung lebih dari 5 menit saja pun belum pernah.
Itulah kenapa urusan perasaan itu disebut 'gila'.
Mungkin itu termasuk kita, bukan? Diam-diam memendam perasaan. Tapi tidak mengapa. Bersabarlah. Menunggu. Besok lusa, jika tiba waktunya, benar caranya, dan berjodoh, kalian bisa menghabiskan 50 tahun bersamanya.

You Might Also Like

9 comments

  1. LEBIH Bagus puisi CINTA ILLAHI drpda cinta2an abge labil Dek...

    BalasHapus
  2. kayanya kenal puisi Bilangan Prima tuh..

    BalasHapus
  3. Baguus puisinyaa.. unik, beda dari yang lain ;)
    Oya aku juga suka banget puisi bang Tere yang ituu ^_^

    BalasHapus
  4. Kayaknya kalau Aisyah bikin puisi sendiri juga bakalan bagus... lah abinya jago je ^^

    BalasHapus
  5. kak Nur : hehe.. iya setuju, kak.. ^^

    abi : itu emang punya abi sii..

    kak dijah : ^_^

    kak Ave Ry : he, Amin Insya Allah..

    BalasHapus
  6. hmmmm, bagus puisinya,. SUKA :)

    BalasHapus
  7. Bagus puisinya dek, diksi nya kreatif :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe.. makasih kak, tapi itu dua-duanya bukan bikinan aku..

      Hapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah