Latest Posts

Ayo Makin Produktif dan Kreatif bersama ASUS E202 !

By 11.14 ,

Bismillahirrahmanirrahim.


Namaku Aisyah. Usiaku 18 tahun. Aku baru resmi lulus bulan Mei kemarin dan akan mulai kuliah September nanti Insya Allah. Saat ini kesibukanku hanya bantu-bantu di penerbit abi (Pustaka AMMA) sebagai penerjemah, penulis, editor dan cover designer. Jadi hampir setiap hari banyak waktu yang aku habiskan di depan layar laptop.

Selama ini aku masih setia menggunakan laptop lama abi yang kuberi nama 'Arkan' untuk menunjang pekerjaan sementaraku itu. Laptop 'Arkan' ini sudah aku gunakan bertahun-tahun, mungkin karena sudah tua, kadang saat sedang dipakai, tiba-tiba mati sendiri atau lola (loadingnya lama) saat multitasking. Hal ini seringkali mengganggu Produktifitas dalam berkarya. Bagaimana tidak, pernah saat aku sedang mendesain sebuah sampul buku, tiba-tiba pret! Mesinnya mati! Ya Allah, mana belum aku simpan.. bagaimana nanti kalau aku gunakan saat kuliah? Kan malu kalau mati di dalam kelas saat sedang mengerjakan tugas.

Jadilah aku memutuskan mengganti si 'Arkan'. Tapi tidak mau laptop lagi, aku mau notebook saja yang lebih praktis. Tapi sebelum memilih penggantinya, kata abi, aku harus menentukan bagaimana kriteria notebook yang sesuai dengan kebutuhanku selain dari fitur-fitur dasar tentunya (seperti menulis blog, menonton atau mendengar audio). Bagiku, untuk sekelas notebook, ada beberapa spesifikasi 'lebih' yang harus dimiliki agar tepat menjadi pilihan, terutama bagi para pelaku industri kreatif.

Notebook idaman

Pertama-tama, aku harus memilih merk notebooknya. Si ‘Arkan’ dahulu bermerk ASUS tipe K401J dan selama ini Alhamdulillah aku nyaman menggunakannya, smartphone abi juga ASUS tipe Zenfone GO, maka baiklah, ASUS adalah merk yang akan kupercaya. Selanjutnya tipe apa yang sesuai untuk kebutuhanku. Setelah mempertimbangkan banyak hal, akhirnya aku putuskan si ‘Arkan’ baru adalah notebook yang sama dengan punya abi, yaitu ASUS EeeBook E202.

Karena ternyata ASUS E202 sesuai dengan yang aku harapkan, berikut penjelasan lengkapnya sekaligus kriteria dalam memilih notebook yang bagus menurutku :


1. Daya baterai tahan lama

Baterai ASUS E202 kuat sampai 8 jam

Bagi seorang penulis, fitur inilah kualifikasi yang paling penting. Karena terkadang, ide bisa muncul kapan saja, sehingga kita butuh notebook yang bisa digunakan untuk menuangkan ide mendadak tersebut. Jika idenya panjang dan butuh waktu yang lama untuk menuliskannya, tentu butuh baterai yang kuat. Tidak keren jika saat sedang semangat menulis, tiba-tiba muncul notifikasi baterai lemah, bisa hilang seketika inspirasi kita.

Nah, ASUS tipe E202 menggunakan prosesor Intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu, karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. Dengan baterai tahan lamanya, kita bisa menyelesaikan sebuah artikel atau menerjemahkan dalam sekali menulis saja tanpa khawatir tiba-tiba drop, dan bagi blogger sepertiku, bisa langsung di kirim sekalian di blog. Inspirasi mendadak pun terealisasi seketika.

2. Ukuran minimalis

Ukuran ASUS E202 lebih kecil dari kertas A4

Tentu kita tidak mau repot jika harus membawa notebook berukuran besar saat akan bekerja, apalagi kalau berat. Menurutku, ukuran sangat membantu dalam menentukan produktivitas seorang seniman, jika ukurannya enak untuk dibawa kemana-mana, kemungkinan produktif jadi lebih besar karena sering dibawa. Ukuran yang minimalis juga membantu seorang editor dalam melihat tugas-tugasnya lebih holistik, fokus dan terkesan mudah dikerjakan insya Allah. Sebagaimana Al-Quran berukuran kecil yang tampak lebih sedikit daripada Al-Quran besar, jadi lebih cepat menyelesaikan hafalan atau tilawah.

Adapun ASUS E202 hanya berukuran 12 inci, dengan dimensi 193 x 297 mm, tidak lebih besar dari ukuran kertas A4 lho, bobotnya juga hanya 1,21 kg! Ini berarti lebih simpel dan mudah digunakan dimana saja tanpa khawatir sulit dipegang atau dipangku.

Terlebih karena aku mengutamakan kesendirian saat bekerja agar tetap konsentrasi, layar yang terlalu besar kurang memberikan suasana privasi. Aku suka ukuran layar yang memang ditujukan untuk seorang pengguna saja, bukan layar besar konsumsi bersama seperti televisi.

3. Desain menarik

Pilihan warna ASUS E202 banyak dan menarik

Desain dan tampilan yang menarik dapat membuat seorang pengguna nyaman dengan notebooknya betah berlama-lama di depan layar, warna yang cantik menjadikan kita setia dan tidak akan ganti-ganti notebook lagi..

Seperti ASUS E202 yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini, ia tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge, jadi kita lebih pede saat menggunakannya dimana saja. Tidak sesuai kan, kalau seorang desainer, desain notebooknya tidak se-kreatif karyanya. Jadi menurutku desain yang eye-cathing perlu dijadikan pertimbangan.

Makin produktif dan kreatif bersama ASUS E202


Demikian hasil analisisku mengenai si calon ‘Arkan’ baru. Menurutku, ASUS E202 adalah pilihan yang terbaik untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas. Tulisan ini juga merupakan rekomendasi bagi teman-teman lain yang masih bingung notebook apa yang akan dibeli.
Oya, sebenarnya, ini merupakan harapanku, karena aku juga masih menabung.. tapi aku berharap suatu hari nanti ia akan tiba secara nyata di hadapanku, Insya Allah.
Nothing is impossible.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

Nb. Rasullah shallallahu alaihi wasallam suka memberi nama barang-barang kesayangan beliau.
Wallahu A'lam.

You Might Also Like

5 comments

  1. ASUS E202 memang keren. Saya juga sudah pernah memakainya. Ukuranya minimalis dan bisa dimasukan kedalam tas kecl. Kemarin pas saya pergi, saya juga bawa notebook ini, bobotnya ringan, jadi gak bikik pegel di pundak. Recomended pokonya, terutama buat anak sekolah atau mahasiswa, ataupun pekerja. By kangamir dot kom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, pas buat dibawa kemana-mana ya..
      Terimakasih kunjungannya.

      Hapus
  2. Aku juga pengennya punya ASUS E202 karena ringan jadi mau bawa ke mana saja supaya bisa ngeblog kapan saja di mana saja

    BalasHapus
  3. Good luck ya, Notebook Asus yang satu ini memang memenuhi ekspektasi kita semua, tak peduli apapun profesi yang kita jalani, mulai dari penulis, blogger, mahasiswa, dosen, guru, karyawan, desainer grafis dan lain sebagainya.

    Eh BTW, saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak di blog sederhana saya

    BalasHapus
  4. asus emang jagonya deh kalau soal notebook. spesifikasinya juga cocok banget buat mahasiswa kayak saya juga nih. apalagi yang warna biru itu, keren banget. kalau boleh tahu harganya berapaan yah?

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah