Latest Posts

Mencapai Amanah dalam Dakwah dan Ukhuwah dalam Bingkai Syariah

By 10.20

 Bismillah.



Oleh: Ustadz Muhammad Isa


Rasulullah shalallahu alaihi wasallam diutus untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak syariah dan aqidah.

Apakah amanah itu harus dicapai?

Addil amanah ila man i'tamanaka

"Amanah harus dilaksanakan"

ketika seseorang diberikan kesempatan untuk sekolah atau belajar tanpa dikenakan biaya sepeserpun maka ini merupakan salah satu contoh amanah yang harus dilaksanakan dengan baik.

Dalam menjalankan amanah ini, perlu adanya alat. ketika seseorang dilahirkan sesuai dengan fitrahnya, Allah akan memberikannya tiga alat yang harus ia gunakan.

Pilar orang muslim itu Islam, imam dan Ihsan.

para ulama banyak yang mengibaratkan Iman Ihsan dan Islam ini dalam bentuk sebuah kelapa di mana kelapa yang berwarna hijau itu merupakan Islam yang terlihat dari luar kemudian sisi yang kuat di dalamnya yaitu batok bagaikan iman yang menjaga orang muslim itu dan bagian lembut putih di dalam kelapa adalah Ehsan dia tersimpan di dalam dan tidak terlihat kecuali oleh dirinya sendiri.

Allah berfirman:

اَحَسِبَ النَّاسُ اَنْ يُّتْرَكُوْۤا اَنْ يَّقُوْلُوْۤا اٰمَنَّا وَهُمْ لَا  يُفْتَـنُوْنَ

"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, Kami telah beriman dan mereka tidak diuji?"

(QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 2)

 

Orang yang Malas.

Penyebab malas:

1. Melakukan sesuatu dengan niat bukan karena Allah.

2. Tidak meminta tolong kepada Allah dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Jadikan shalat kita sehari-hari dengan niat mencari Ridha Allah. Dan seselesainya, mintalah bantuan kepada Allah.

Islam seseorang rapuh karena malas. Semangat menghafal Al-Qur'an. Minta doa orangtua, cari teman yang baik, bimbingan dari guru. Kalau ternyata tidak bisa-bisa, itu dikarenakan kita malas. Syaithan senang dengan orang-orang yang malas. Cari motivasi. Datanglah ke kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hadiri kajian. Miliki target.

hati-hati dengan sikap suka menggampang-gampangkan karena dengan melakukan itu Islam kita bisa terkikis sedikit demi sedikit.

Jagalah akhlak. Jangan ikhtilath, khalwath, pulang malam, jaga pandangan, karena syaithan sangat mudah membisiki manusia dari berbagai arah. Jangan sampai menimbulkan fitnah. Berpenampilan yang rapi dan bersih saja cukup. Inilah akhir zaman. Jaga diri baik-baik.

 

Jaga diri. Kalian akan menjadi penerus kepemimpinan bangsa.

You Might Also Like

0 comments

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah