Latest Posts

(1Hari1Ayat) Kerusakan Alam

By 21.02

Bismillahirrahmanirrahim..



Tak terasa hari terus berlalu dan tahunpun terus berganti, bumi yang kita diami inipun semakin renta. Sejenak, marilah kita berfikir tentang keadaan bumi yang semakin merana ini. Lihatlah planet hijau ini telah mengalami berbagai kerusakan, dari mulai (global warming) pemanasan global, lapisan ozon yang mulai menipis dan udara segar yang mulai sukar dicari. Ternyata kerusakan bumi tercinta ini bukanlah isapan jempol, bahkan ia telah terasa di sekitar kita. Bogor yang dulu sejuk kini mulai terasa panas. Beberapa waktu yang lalu, sungai Bengawan Solo meluap, banjir terjadi di Sulawesi, Sumatera dan daerah lainnya di Indonesia. Belum lagi kota Jakarta yang "berlangganan" banjir setiap tahun.

Sebaliknya ketika musim kemarau tiba, kebakaran hutan terjadi di negeri tercinta ini, kemarau panjang yang mengakibatkan susahnya mencari air bersih sudah terasa tahun-tahun terakhir ini.

Lantas kenapa kita masih menutup mata dan diam saja ? data-data yang menunjukan tentang kerusakan alam telah terbukti, di antara laporan tersebut adalah Fourth Assessment Report, yang dikeluarkan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), satu badan PBB yang terdiri dari 1.300 ilmuwan dari seluruh dunia, yang mengungkapkan bahwa 90% aktivitas manusia selama 250 tahun terakhir inilah yang membuat planet kita semakin panas. Sejak Revolusi Industri, tingkat karbon dioksida beranjak naik mulai dari 280 ppm menjadi 379 ppm dalam 150 tahun terakhir. Tidak main-main, peningkatan konsentrasi CO2 di atmosfer Bumi itu tertinggi sejak 650.000 tahun terakhir! IPCC juga menyimpulkan bahwa 90% gas rumah kaca yang dihasilkan manusia, seperti karbon dioksida, metana, dan dinitrogen oksida, khususnya selama 50 tahun ini, telah secara drastis menaikkan suhu Bumi. Sementara temperatur udara global telah meningkat 0,6 derajat Celsius (1 derajat Fahrenheit) sejak 1861. Pemanasan global terjadi terutama disebabkan oleh aktifitas manusia yang menambah gas-gas rumah kaca ke atmosfer. Diprediksi peningkatan temperatur rata-rata global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.
Betapa benarnya firman Allah berikut :



Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Q.S Ruum : 41

Wallahu A'lam.

You Might Also Like

3 comments

  1. bumi menjadi seperti ini karena kita lupa, bahwa bumi sebenarnya bukanlah milik kita, melainkan bumi adalah titipan anak cucu kita yang wajib kita jaga...agar kelak anak cucu kita bisa menikmati bumi miliknya yang hijau nan asri......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  2. Sedih sekali melihat musibah di mana mana ya mak, peringatan de Allah spy manusia ga menjaga lingkungan. Makasih sdh mengingatkan
    Salam kenal dr Sidoarjo :)

    BalasHapus
  3. suka banget sama tampilan blog beserta isinya, Mak. *OOT*, hehe


    salam kenal, Mak ^^

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah