Latest Posts

Ujian Sekolah dan Macam-Macamnya

By 09.00 , , , ,

Bismillahirrahmanirrahim..



Apakah kamu berpikir wahai para pelajar, tentang ujian-ujian dan kepentingannya?

Apakah pembelajaran akan baik tanpanya?

Dan apakah ujian yang ada telah memenuhi tujuan yang diinginkan?

Para ulama dan pendidik telah sepakat tentang pentingnya bermacam-macam ujian yang akan dilewati setiap pelajar sekali atau beberapa kali sepanjang masa pembelajarannya sehingga memungkinkan berjalan dan berlangsungnya roda pendidikan.

Ujian itu ada beberapa macam, diantara yang terpentingnya adalah ujian lisan, ujian esay dan ujian pilihan ganda. Ujian lisan dianggap yang paling lama (kuno) dan paling banyak tersebar. Ujian lisan itu penting untuk mengetahui benar salahnya berbicara, kemahiran membaca serta kemampuan mengarang dan berpidato. Namun itu semua bergantung pada penyampaian soal atau jumlahnya bagi setiap murid di kelas. Jenis ujian ini lebih banyak berhasil di kelas yang memiliki jumlah murid yang sedikit atau yang murid-muridnya diujikan setiap hari dengan terus-menerus.

Keistimewaannya adalah membantu guru dalam mengoreksi kesalahan murid saat ujian yang nampak secara langsung, menjadikan murid memperhatikan soal dengan baik dan lebih menjaga dari mendengar jawaban teman-temannya atau mencontek dengan bersepakat dengan teman-temannya. Adapun kekurangannya, diantaranya adalah ia membutuhkan waktu yang lama (terlebih jika jumlah muridnya banyak), juga tidak memberikan guru kesempatan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman seorang murid dalam seluruh bagian pelajaran sekolahnya, itu dikarenakan guru hanya bertanya sedikit soal yang hanya mencakup sedikit bagian dari pelajarannya.

Macam yang kedua adalah ujian esay yang banyak tersebar pada sekolah-sekolah di dunia saat ini. Dari keistimewaannya adalah dapat menjelaskan kemampuan murid dalam mengatur pemikiran seputar materi tertentu dan begitu pula dalam hal mengarang. Ia juga menampakkan kemampuan murid dalam membedakan poin-poin penting dan tidak penting dalam materi. Namun ujian jenis ini juga memiliki banyak kekurangan, diantaranya dapat berpengaruhnya pandangan guru terhadap seorang murid, dan cara murid menulis (tulisannya) yang bersangkutan dengan sulitnya guru mengoreksi karena keterbatasan waktu dan kelelahan.

Macam yang ketiga adalah ujian pilihan ganda dengan banyak macamnya, misalnya memilih jawaban yang benar dari pilihan-pilihan yang tersedia dan soal menyempurnakan kalimat. Diantara keistimewaannya adalah tidak berpengaruhnya tulisan pada guru saat mengoreksi, guru dapat membuat banyak pertanyaan yang mencakup banyak bagian dari pelajaran. Sedangkan dari kekurangannya ialah adanya kesempatan untuk menerka-nerka sebagian jawaban.

Sebagian besar pendidik lebih memilih ujian pilihan ganda dibanding yang lainnya, yang punya keistimewaan dalam kemudahan dan cepatnya pelaksanaan serta pengoreksian. Tapi bukan berarti ini meniadakan ujian esay secara keseluruhan, karena ada kepentingan pula padanya bagi beberapa pelajaran.

Negara-negara maju menggunakan ujian-ujian dan menganggapnya sebagai wasilah (perantara), bukan tujuan. Namun masih banyak negara-negara yang berpegang teguh pada ujian esay dan menganggapnya sebagai tujuan, bukan perantara. Maka sejak masuk sekolah sampai keluarnya, murid-murid-pun senantiasa menganggap bahwa ujian lebih penting daripada ilmu, dan mereka lebih memperhatikan persiapan untuk ujian daripada persiapan untuk hidup.

Diterjemahkan oleh Aisyah As-Salafiyah

Dari kitab Al-Arobiyyah Linnasyi’in jilid 5.

You Might Also Like

1 comments

  1. kalo pas lagi ujian sekolah tuh aku belajar mati2an mesti...

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah