Latest Posts

Perkembangan Hukum Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Tantangan Zaman Industri 4.0

By 07.26 , ,


🔸 بِسْـــــــمِ أللَّه ِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْم 🔸


🔹🔹🔹🔹
محاضرة عامة
 تطوير قانون الشريعة الإقتصادية في مواجهة تحديات العصر الصناعي 4.0

 Public Lecture
 Perkembangan Hukum Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Tantangan Zaman Industri 4.0

مع الأستاذ الدكتور محمد رشيد
Bersama Ustadz Dr. Muhammad Rasyid
🔹🔹🔹🔹

أندونيسيا ستكون منارا من منارات الإقتصادية الإسلامية إن شاء الله.
المال قديما: الذهب و الفضة و الغنم و البقر و غير ذلك. و الآن قد تطور معنى المل حتي يشتمل على الموارد الطبيعية.
لا يفارق حياتنا المال حتى يضع العلماء موضوعا عنه في المقاصد الشريعة، فبني الإسلام الإقتصادية على أساسها.
Indonesia akan menjadi salah satu tiang ekonomi Islam insya Allah.
Harta, dahulu berarti: emas, perak, kambing, sapi dan semacamnya. Tapi sekarang makna harta telah berkembang, mencakup sumber daya.
Hidup kita tidak dapat lepas dari harta, sehingga para ulama telah menetapkan pembahasan tentang ini dalam Maqashid Syariah (tujuan-tujuan syariat Islam yang terkandung dalam setiap aturannya), oleh karenanya, Islam membangun perekonomian berdasarkan pondasi tersebut.

نعيش و نموت بالمال، فالبحث عنه مهم جدا و لا يهجر العلماء في تعلم فقه المعاملات و كتابة بحثهم في كثير من المؤلفات المشهورة الذي أسند إليه الإقتصادية الحديثة، منها كتاب الخراج لأبي يوسف و كتاب الأموال لأبي أبيد، تلميذ أبي يوسف.
Kita hidup dan mati dengan membutuhkan harta, maka pembahasan tentang harta ini sangat penting, para ulama juga tidak meninggalkan pembelajaran fiqh muamalah dan penulisan riset mereka dalam banyak karya-karya terkenal yang menjadi patokan perekonomian modern, diantaranya kitab Al-Kharraj karya Abu Yusuf dan kitab Al-Amwal karya Abu Ubaid, murid Abu Yusuf.

يجب على كل مسلم أن يعلم أن المال في الحقيقة ليس لنا بل لله تعالى، فهو صاحب المال و له حق لسن القانون التي تتعلق بالمال كما شاء، و نحن الوكيل فقط فعلينا أن نؤدي أمانة المال كما يرشده الشريعة الإسلامية.
Wajib bagi setiap Muslim untuk mengetahui bahwa harta pada hakikatnya bukan milik kita, tetapi milik Allah,  Allah lah penguasa harta, Dia memiliki hak untuk menetapkan peraturan yang berkaitan dengan harta sesuai keinginannya, dan kita sebagai wakil harus menunaikan amanah harta sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh syariat Islam.

قل الله تعالى في كتابه الكريم، {وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ}. هذه الآية تدل على الحث على مراقبة الله حتى فى تصرفنا المالية.
Allah berfirman dalam kitab-Nya yang mulia, {dan Dia (Allah) bersama kamu dimana saja kamu berada}. Ayat ini menunjukkan motivasi untuk senantiasa merasa diawasi oleh Allah bahkan ketika kita melakukan transaksi harta.

و هناك الموازنة بين المعاملة و العبادة كما قال تعالى في سورة الجمعة، {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ} و قوله، {وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ۚ قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ ۚ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ{..
عندنا الحرية في تصرف المال ما برح مناسبا بشرية الإسلام.
Terdapat kesetimbangan antara Muamalah dan Ibadah sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-Jumu'ah, {Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jum'at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli} dan firman-Nya, {Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka tinggalkan engkau (Muhammad) sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah, Apa yang ada di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perdagangan, dan Allah Pemberi Rezeki yang terbaik}..
Kita tetap memiliki kebebasan dalam menggunakan harta selama sesuai dengan Syariat Islam.

الجوانب القانونية في الإقتصادية تتعلق بالجوانب السياسية. يصعب للدولة الضعيفة لطبيق الإقتصادية الإسلامية لأنها ما زالت تحتاج إلى مصرف العالم الذي بني على أساس الإقتصادية القانونية.
Aspek hukum dalam perekonomian berhubungan dengan aspek politik. Sulit bagi negara lemah untuk menerapkan perekonomian Islam karena ia masih butuh pada bank dunia yang terbentuk atas pondasi ekonomi hukum (konvensional).

عندنا أمل كبير في تطوير الإقتصادية الإسلامية، هناك 2 تريليون دولار في إنفاق العالم الإسلامي، فحركتنا ناشئة.
Kita punya harapan besar dalam perkembangan ekonomi Islam, sekarang ini terdapat 2 triliun dolar sumbangan dari dunia Islam, ini membuktikan bahwa pergerakan kita tumbuh.

المنافذ الإقتصادية في العالم الإسلام. لو يتحد الدول الإسلامية فلا يستطيع العالم الغريبة أن يعيش من دوننا، كل الموارد في قلب العالم الإسلامي ما زالت بكرا من المشرق والمغرب، من أفريقيا حتي آسيا، من الجزائر، السعودية، مصر، تركي، باكستان، عراق، ماليزيا حتى أندونيسيا. فعندنا القدرة و الإستطاعة للتطوير، لذالك لا يتركنا العالم الغربية و هم يريدون أن يقيدنا. لا يستقل الدولة الإسلامية إستقلالا كاملا ما دامت تتبع الغربيين.
Bandar perekonomian terdapat pada dunia Islam. Jika negara-negara Islam bersatu maka dunia barat tidak akan dapat hidup tanpa kita, semua sumber daya terletak di tanah Islam yang kebanyakan belum tersentuh, dari Timur sampai Barat, dari Afrika sampai Asia, dari Aljazair, Saudi, Mesir, Turki, Pakistan, Irak, Malaysia sampai Indonesia. Kita punya kemampuan dan potensi untuk berkembang, oleh karena itu dunia barat tidak pernah meninggalkan kita, mereka ingin menguasai kita. Sebuah negara belum dikatakan merdeka dengan sempurna jika masih berkiblat pada barat.

لو كان المستثمرون يريدون مصلحة المجتمع و ليست مصلحة الفرد فقط، سيهم البلاد الإسلامية لاستثمارهم.
Apabila para investor menginginkan kebaikan masyarakat, bukan hanya kebaikan individu saja, mereka mungkin akan memperhitungkan negara-negara Islam untuk ditanami investasi.

في الجانب الآخر، نشكر الله تعالى لأن الإرادة السياسية سمحت نمو الاقتصاد الإسلامي في أندونيسيا. لعل الله أن يساعدنا في التخلص من الإقتصاد الربوية إن شاءالله.
Di sisi lain, kita harus bersyukur kepada Allah Ta'ala karena kuasa politik membolehkan pertumbuhan ekonomi Islam di Indonesia.
Semoga Allah membantu kita dalam membebaskan diri dari ekonomi ribawi, insya Allah.


-------
 كتبتها عائشة السلفية.
 طالبة جامعية في كلية المعاملة جامعة التزكية.
 Ditulis oleh Aisyah As-Salafiyah.
 Mahasiswi STEI Tazkia Program studi Hukum Ekonomi Syariah.

You Might Also Like

0 comments

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah