Latest Posts

Pentingkah Nilai?

By 15.46 ,

Bismillahirrahmanirrahim..



“Nilai bukan segalanya, iya kan?” ujar seseorang yang berwajah menyenangkan,

Entahlah, mungkin iya.. paling tidak, aku pernah mengucapkannya, untuk menenangkan seseorang yang bersedih hanya karena nilai. Saat itu, yang kupikir, mengapa harus sampai menangis karena sesuatu yang tidak kita dapat, toh kita telah berusaha, hasilnya ya pasrahkan saja.

Tapi sebenarnya, mungkin aku yang salah, tidak semudah itu menerima penjelasanku sendiri, aku terjebak ucapanku waktu itu, ternyata.. memang sulit untuk menerimanya, perasaan sedih tentu ada, tapi untukku saat ini juga, bercampur semuanya, ada kecewa atas diriku sendiri, ada sedih karena tidak dapat membahagiakan orang tuaku paling tidak dengan nilaiku, ada senyuman kosong menatap teman yang kini lebih di atasku, semuanya.. dan aku berusaha menutup semua itu, merasakannya sendirian, cukup aku, agar yang lain tidak lagi terbebani olehku.

Aku seharusnya meminta maaf pada orang tuaku, saat pertama kali memasuki jenjang MA, aku berjanji untuk lebih giat dan rajin dalam belajar, tapi aku tidak dapat membuktikannya sekarang, juga untuk sahabatku, teman sebelahku yang selalu memotivasi, menyemangati, mengingatkan, bahwa aku bisa.. ia tidak berhenti percaya aku akan dapat mencapai apa yang kuinginkan, sekalipun aku sendiri sudah putus asa.

“Sayang, dunia ini fana, tujuan kita akhirat.. jadi setiap permasalahan yang menimpa kita di dunia, akan terasa mengasyikkan.. Tentunya, jika menghadapinya dengan terbalutkan ketakwaan kita pada Allah ta’ala.. Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu baik untukmu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk untukmu” hibur teteh,

Aku tahu, ada kalanya seseorang harus menangis (dan tertawa).. hidup memang begitu, bukan? Tapi tentu kita boleh memilih, untuk apa tangisan itu dijatuhkan, layakkah jika ia terjadi hanya karena sekedar nilai? Yang dibawa mati pun tidak, ah jangankan dibawa mati, bahkan mungkin ini semua tidak akan menjamin kebahagiaanku.

Kini aku paham, nilai memang bukan segalanya, tapi segalanya tidak akan berharga tanpa nilai, kan?

“Jadi?” balas orang berwajah menyenangkan itu setelah mendengar seluruh penjelasanku,

“pada akhirnya, aku tidak tahu..” aku tersenyum dengan air mata yang masih terjatuh. 

You Might Also Like

2 comments

  1. manusiawi kalau memang ada kekecewaan, tapi jangan berlarut-larut ya..
    tetap semangat ya :))

    Nilai bukan segalanya ^^

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah