Latest Posts

Kreasi AMMA

By 09.34 ,

Bismillahirrahmanirrahim..


Terinspirasi dari abi dengan Pustaka AMMA (toko online website dan facebook), berawal dari hobinya nulis, kemudian diseriuskan menjadi profesi, penulis.. tidak berhenti di sana, abi yang perfeksionis dan mandiri berusaha melakukan segala sesuatunya sendiri, benar-benar dimulai dari nol.. menulis di blog, pindah ke Microsoft Word, dilengkapi sedemikian rupa, menjadi editor, mengatur layout, bahkan membuat cover, akhirnya dicetak kemudian mendistribusikannya..
That's my father, a writer, an editor, a publisher, a distributor.. He is my inspiration.

Aku yang notabene introvert juga lebih suka mengerjakan segala sesuatu sendiri, mulai dari saat ia berupa gagasan sampai memvisualisasikannya di hadapan mata secara real.

Aku suka menulis, sejak kecil, sebagaimana yang pernah kutulis di sini. Namun seiring berjalannya waktu, aku mulai jarang menyentuh pena, jangankan menulis artikel atau blog, diary pun jarang, jadi aku tidak heran saatada seorang teman yang berceletuk, 'mana tulisannya?'.
He, maaf ya teman, alasan klasik -sibuk- itu terus memaksaku menghabiskan waktu untuk berkutat dengan berbagai tugas-tugas khidmah.

Eh ko' malah jadi nyambung ke sini, masya Allah.. yah, jadi meski menulis hobiku juga, aku memutuskan untuk tidak berkutat lebih jauh dengannya, aku lebih suka menulis bebas kapanpun aku mau, tanpa tuntutan ataupun deadline.
Adapun hobi lain yang justru menarikku adalah crafting yang sebenarnya jarang kukerjakan kecuali saat mood atau saat mempelajarinya. Awalnya aku bingung, jenis craft apa yang akan aku produksi?

Aku teringat tumpukan kain, flanel, gulungan benang rajut dan toples-toples mute di rumah. Kain? Sepertinya terlalu terburu-buru untuk memulai dari jahit-menjahit, apalagi baju. Flanel? Umm, sepertinya sedang tidak ada ide deh. Rajut? He, tidak ah, aku tidak ingin cantengan lagi. Mute? Nah, sepertinya yang ini menarik, tapi aku tidak begitu ingat polanya, terakhir bermain mute saat aku MTs. Oya kan ada umi Bulan, guru keterampilanku saat MTs, nanti aku coba deh konsultasi dengan beliau.
Aku sharing pada Naura, sahabatku. Dia lebih dahulu menyeriusi bidang craft ini dengan berjualan rajutan. Katanya, jualan craft itu gampang-gampang susah, gampang ngejalaninnya karena kita suka, tapi susah untuk mencari pasarnya, awalnya kupikir semua orang menyukai kreasi handmade, Kalau suka saja ya mungkin, tapi untuk membelinya, mereka lebih suka produk buatan pabrik.

Aku ceritakan proyek muteku, aku ingin membuat tas yang akan kupakai sendiri, ia mendukungku, bahkan ingin ikutan juga membuat tas (dari rajutan) untuk dirinya sendiri, selama ini dia buat hanya untuk orang lain saja. Oya dia juga ingin ikut berjualan craft nya di internet bersamaku (sebelum ini kami pernah merencanakannya juga tapi gagal, heu..).
Baiklah, syukron naura untuk sharingnya.

Kemudian aku beralih ke umi Bulan, pendapat beliau tidak jauh berbeda dengan pendapat naura. Beliau cerita, ada temannya yang berjualan kreasi mute, kemudian ditinggalkan karena tidak ada pasarnya.

Aih masya Allah, sedih sekali.. kenapa orang Indonesia sulit menghargai sebuah kreasi handmade? Mendukung industri kreatif? Mencintai produk asli Indonesia? Mereka lebih suka buatan pabrik terlebih import dari luar negeri.

Tetiba teringat umi Sasa yang juga hobi membuat bunga dari manik-manik namun tidak tahu kemana harus memasarkannya..
Wah sayang sekali ya.. Padahal hasil karyanya sudah layak jual..

Salah satu produk kami : Najma

Cling! Tiba-tiba terbesit ide untuk membantu para crafter memasarkan produk craft nya.. aku juga jadi tidak sibuk membuat, aku hanya akan menjual saja..

Aku mulai membuat halaman facebook dan website untuk toko kreasi kecilku. Kuberi nama 'Kreasi AMMA'. Kenapa AMMA? Tidak mau ribet, langsung saja aku tentukan demikian karena itu juga merupakan nama penerbit abiku.

Awalnya hanya kreasi mute buatanku dan buatan umi sasa, sampai kemudian Allah mempertemukanku dengan umi Kholis yang ahli kreasi daur ulang kemasan kopi, koleksi toko kecil kamipun bertambah.

Terakhir, aku bertemu dengan umi Titin yang mahir merajut, tapi masih berstatus hiatus dari kegiatan itu karena sudah sibuk setelah memiliki anak, namun beliau bersedia melanjutkan kembali apabila memang aku tertarik.

Karena kebetulan saat ini aku masih dalam kewajiban khidmah, aku memutuskan menutup Kreasi AMMA online dahulu sampai aku lulus, namun tetap berjalan via offline kok.
Lalu kenapa aku realisasikan begitu cepat toko online nya? He, maafkan.. saat itu kuantitas semangatku melebihi rata-rata, jadilah ia meluber dan hasilnya kulakukan apa yang bisa kulakukan sekarang.

Oya bahkan saat itu aku juga sedang hobi-hobinya mengobservasi pasar craft online, hasilnya membuatku optimis karena ternyata masih banyak orang yang mengapresiasi hasil kreasi tangan di zaman yang serba modern ini, namun sayangnya kebanyakan mereka dari luar negeri, ya ada sih orang Indonesia, tapi hanya segelintir saja.
Oleh karenanya saat itu juga terbesit dalam pikiranku, 'kalau gitu aku harus bisa menawarkan produk Indonesia ke luar, mereka harus melihat karya tangan Indonesia yang begitu kreatif'. Karena jujur saja, hasil karya mereka banyak yang mainstream, easy to do it by yourself dan banyak tutorial, tapi harganya lumayan, bahkan ada beberapa kreasi kecil yang harganya diatas 5$ setara dengan hasil karya anak-anak MTs di sini. Bukannya merendahkan, justru aku kagum, betapa tingginya apresiasi atas karya-karya limited edition mereka, padahal kalau di sini, kreasi yang sama bisa jadi harganya di bawah 5.000 rupiah.

Begitulah analisisku. Kuharap aku salah. Semoga ternyata diluar sana (di Indonesia) masih banyak orang-orang yang menghargai hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan penuh cinta dan kecermatan di setiap sentinya.
Insya Allah.

Jadi mulai sekarang, yuk biasakan untuk mencintai produk Indonesia


Kreasi AMMA

We sell creative goods all over the internet. Welcome to our shop, we hope you enjoy our products. Thank You.
Kami menjual berbagai macam kreasi cantik buatan tangan (handmade). Selamat datang di Kreasi AMMA, kami harap anda puas dengan produk kami. Terima kasih.

You Might Also Like

0 comments

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah