Latest Posts

10 Hari Pertama Dzulhijjah Lebih Baik dari 10 Hari Terakhir Ramadhan

By 21.30 , , , , ,

Bismillah.



Tanggal 1-10 Dzulhijjah itu dilingkari baik-baik ya.. karena 10 awal bulan Dzulhijjah mengalahkan 10 akhir Ramadhan. Bayangkan! Ada pendapat yg mengatakan sama, bahkan lebih afdhal.
Dalilnya firman Allah surat 89 Al-Fajr ayat 1 sampai 3. Kalau bawa Al-Quran buka sekarang, kita tadabburi.. di hp buka hp nya.

Di juz 30, anak-anak TPA biasanya hafal, jangan sampai kita belum hafal..

وَالْفَجْرِ
"Demi fajar,"

Huruf و di sini merupakan 'waw qasam / sumpah'. Allah tidak bersumpah kecuali untuk informasi yang sangat penting. Contohnya kata و الله = demi Allah.
Fajr artinya waktu subuh.
Tapi di sini kata tersebut menggunakan alif lam (ال) menjadi Al-Fajr yang merupakan 'alif lam mu'arraf'. Maksudnya alif lam yang memperkenalkan target yang sedang di bicarakan. Misalnya dalam bahasa arab kata رجل (laki-laki) itu belum jelas, tapi kalau ditambah alif lam ini menjadi الرجل berarti seorang laki-laki tertentu yang tidak disebutkan namanya. Begitu juga kata عبد الرحمن dengan kata Ar-Rahman yang termasuk nama Allah, jadi kalau ingin memanggil gunakan kata Rahman, tidak boleh Ar-Rahman karena kata itu menunjukkan kepada Allah.

Baik, Allah menggunakan kata fajar / subuh tertentu, menurut para ulama tafsir yang dimaksud adalah subuh idul Adha.. jadi dengan sumpah ini berarti idul adha lebih afdhal daripada idul fitri.
Yang ramai di Indonesia yang mana? Idul Fitri.. padahal sebenarnya idul adha lebih utama.
Kenapa? Karena setelah idul fitri tidak ada amalan atau ibadah tertentu, silaturrahim keluarga hanya adat Indonesia saja, tidak ada anjuran khususnya.
Tapi selesai idul adha ada ibadah qurban yang diperintahkan Allah.

وَلَيَالٍ عَشْرٍ
"demi malam yang sepuluh,"

Huruf dalam و ini beda dengan yang sebelumnya, di sini namanya 'wau athaf' yang kedudukannya menyambung hukum dari kalimat sebelumnya. Dalam grammar bahasa Arab begini, di kalimat pertama ada hukum sumpah, berarti di kalimat kedua hukum ini masih berlaku..
Kata malam di sini datang dalam bentuk jamak / plural, yang berarti malam-malam yang 10.

Jadi artinya secara umum begini :
Demi subuh idul adha, Allah bersumpah dengan Dzat-Nya. Kejar shalatnya, kejar qurbannya, jangan sampai hilang. Dan kejar 10 malam berturut-turut subuh itu isi dengan shalat malam dan ibadah lainnya.
Jadi ulama yang berpendapat 10 awal Dzulhijjah lebih utama itu karena ayat ini.
Kalau di akhir Ramadhan Allah perintahkan kejar malam-malam ganjil dan hanya ada pada satu malam, di sini Allah suruh kejar berapa? Semua, sepuluh-sepuluhnya..

Lalu Allah mengatakan di ayat 3 :

وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ
"demi yang genap dan yang ganjil,"

Kata الشفع adalah hari ke delapan (hari tarwiyah) nya.
Dan الوتر hari ke sembilan (hari arafah) nya.

Adapun hadits nya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهِا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ عَزَّوَجَلَّ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ، يَعْنِيْ أَيَّامَ الْعَشْرِ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ؟ قَالَ: "وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada hari dimana suatu amal shalih lebih di cintai Allah melebihi amal shalih yang dilakukan di hari-hari ini (yakni sepuluh hari pertama Dzulhijjah)”.
Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad di jalan Allah?”
Nabi ٍShallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Termasuk lebih utama dibanding jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad) dan tidak ada satu pun yang kembali (ia mati syahid)”.

Jadi dari sini, kata para ulama, bahi setiap muslim dianjurkan untuk puasa 9 hari, tanggal 1-9. Adapun tanggal 10 nya idul adha.
Bagi yang tidak mampu, sebisanya saja, 8, 7 atau 6.. kalau benar-benar tidak bisa jangan tinggalkan puasa arafah di tanggal 9 nya. Karena puasa arafah ini bisa menghilangkan kesalahan setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Tapi tentu akan lebih baik lagi kalau bisa 9.


Demikian.
Mari bersama kita berlomba-lomba dalam kebaikan.
#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia 

You Might Also Like

5 comments

  1. makasih mbak, tulisannya nambah wawasan :)

    BalasHapus
  2. tulisan membuka wawasan yang baru.

    BalasHapus
  3. tulisan membuka wawasan yang baru.

    BalasHapus
  4. kalo kelewatan 1 hari pegimana :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah ngga apa kak, lanjutkan aja 8 hari selanjutnya.. ^^

      Hapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah