Latest Posts

Tantangan ODOP Blogger Muslimah Indonesia

By 08.08 , , ,

Bismillah.


Ini adalah kali kedua Aisyah ikut tantangan One Day One Post. Pertama kali ikut beberapa tahun lalu, motivasinya karena Aisyah belum kontinyu dalam menulis, masih acak-acakan, nulis kalau mood aja dan jarang blogwalking.. jadilah blog ini seperti villa yang jarang dikunjungi. Awal daftar, rajin dan semangat menulis, kebetulan saat itu temanya ditentukan oleh penyelenggara ODOP. Lama kelamaan makin susah saja temanya, he.. saat itu mulai deh menunda-nunda, sampai akhirnya berhenti di tengah jalan, duh, gagal sampai akhir.

Sejak lulus khidmah tahun ini, salah satu targetku adalah menghidupkan kembali blog, mulai rajin menulis, apapun itu.. dan Alhamdulillah beberapa hari lalu Aisyah mendapati postingan ODOP terbaru di grup facebook Blogger Muslimah. Pucuk dicinta, ulampun tiba. Langsung saja Aisyah daftarkan, berharap kesempatan kedua ODOP ini dapat membantu Aisyah untuk lebih rajin, disiplin menulis dan banyak belajar dari kakak-kakak senior anggota BloggerMuslimah, Insya Allah.


Abi pernah bilang, menulis berarti mengabadikan yang tidak abadi. Write for eternity.
Tulis saja apapun yang kita pikirkan, kita rasakan dan kita alami. Asalkan itu baik, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain.

Kenapa harus ditulis? Zaman modern begini kan sudah pakai audio atau video, bukankah metode tulisan itu kuno?
Pendapat seperti itu salah.

Bukankah ada pepatah lama, ikatlah ilmu dengan tulisan? Jadi tulisan akan tetap memiliki urgensi yang sangat penting dalam hidup kita. Terutama bagi para penuntut ilmu. Dulu saat kecil Aisyah juga pernah terpikirkan, kenapa orang dewasa masih sibuk mencatat? Kenapa tidak direkam saja?
Kini Aisyah paham, bahwa keduanya berbeda. Menulis berarti menggunakan beberapa indera sekaligus. Mata, telinga, tangan dan mulut (kadang untuk mengucapkan kembali), jadi otak kita bergerak dan lebih cepat dalam memahami materi apapun, apalagi bagi orang yang cara belajarnya dengan visual seperti Aisyah.
Kalau hanya mendengar atau direkam, hasilnya kurang optimal, organ tubuh kita yang lain tidak digunakan, jadilah kita kurang fokus, parahnya bisa sampai ngantuk atau tertidur, he.

Dalam psikologi juga demikian, dalam buku 59 detik disebutkan bahwa seorang ahli psikologi telah membuat sebuah percobaan yang melibatkan orang-orang dengan kenangan / masa lalu yang buruk bahkan trauma untuk menceritakannya, sebagian mereka diperintahkan untuk berbicara dan sebagian lain menulis.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang berbicara cenderung terbawa emosi dan tidak dapat menguasai diri, adapun orang yang menulis, mereka larut dalam cerita dan muncul kesadaran serta refleksi dalam dirinya mengenai pengalamannya.



Demikianlah.
Menulis adalah aktivitas yang seru dan bermanfaat, bisa menjadi salah satu amal jariyah jika yang kita tulis kebaikan atau ilmu.
Jadi, mulai sekarang, yuk semangat menulis! 📝


#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

26 comments

  1. MasyaALLAH aisyah masih muda sudah punya pemikiran yang visioner, barakallah ya Aisyah semoga dimudahkan nanti untuk sharring pemikirannya melalui tulisan di blognya ini.. semangaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wafiiki Barakallah kak Fika..
      Jazakillah Khairan atas kunjungannya.. ^^

      Hapus
  2. Assalaamualaikum Aisyah, salam kenal ya. Senang melihat Aisyah ikut program ODP Blogger Muslimah, semoga makin semangat dan mencintai dunia kepenulisan ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam kak Novia..
      Salam kenal juga..
      Aamiin, terimakasih doanya.. ^^

      Hapus
  3. Iya, terima kasih sudah diingatkan untuk mengikat ilmu. Sudah hapal, tapi kerap abai. :)

    Saya juga ikut ODOP nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fufufu~ demikianlah manusia kak..
      Wah salam ukhuwah.. ^^

      Hapus
  4. Saling menyemangati ya mbak...

    BalasHapus
  5. Menulis menggunakan Mata, telinga dan mulut, sepakat!
    Terimakasih sdh diingatkan aisyah😊

    Insyaallah semakin semangat dan menulis tapi bukan hanya sekedar menulis😉
    Salam Kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kak, terimakasih sudah berkunjung.. ^^

      Hapus
  6. Masih muda sekali ya Aisyah, semangat terus menulis! :) Salam kenal. :)

    BalasHapus
  7. Masya Allah, Aisyah. Yuk terus istiqamah mengikat ilmu, makna dan menebar hikmah bagi sekitar ^^

    BalasHapus
  8. Salam kenal :)
    Semoga kita semua terus istiqamah ya. Mari terus berkarya, mengabadikan yang tidak abadi. Aku suka sekali kalimat itu.

    BalasHapus
  9. Salam kenal Ais :)
    salut sama semangat serta motivasinya. Semoga sama2 istiqomah bisa menebar manfaat lewat tulisan ya :) amin...

    BalasHapus
  10. MasyaAllah.. Keren Mba Aisyah �� salam kenal ya.. Blognya juga kece banget. Semoga terus semangat!! **saling menyemangati**

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kak, terimakasih..
      Yuk kak.. ^^

      Hapus
  11. Aisyah, keren banget kamu. Masih sangat muda tapi mantap cara berpikirnya. Teruslah konsisten berjuang lewat tulisan, ya. Untuk menginspirasi kawan-kawanmu, juga para tetua kayak akuuuh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, terimakasih motivasinya kak.. ^^
      Aku juga masih perlu banyak belajar dari inspirator seperti kakak..

      Hapus
  12. aku suka gaya bahasamu, aisyah

    ternyata masih muda banget, salam kenal ya

    BalasHapus
  13. Masya Allaah... saya berasa tua sekali berhadapan dengan Aisyah. :D

    Alhamdulillaah, menulis merupakan salah satu aktivitas positif. Terutama untuk remaja seperti Aisyah yah.

    Semangaaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, justru aisyah yg harusnya banyak belajar dari kakak.. ^^

      Hapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah