Latest Posts

Komunitas Qurrata A'yun

By 19.58 , , ,

Bismillah.


Semalam aku, Naura dan Hilyah mengobrol panjang di telegram. Kami prihatin dengan keadaan remaja muslim zaman sekarang yang seolah kehilangan identitasnya. Mereka kurang peduli atau bahkan lalai pada hal-hal yang sejatinya harus mendapat perhatian lebih, terutama masalah ibadah dan menuntut ilmu. Apalagi perempuan, yang mana kebanyakan lebih mendahulukan perasaan daripada akal. Jadi ilmunya Qadarullah lebih sedikit. Itulah kenapa yang membahas fiqh kewanitaan atau rumah tangga masih laki-laki, padahal kalau kata ustadzku dulu, akan lebih baik lagi kalau perempuan ahli dalam bidang keilmuan yang memang berkaitan dengan kesehariannya ini. Karena kita mengalami dan merasakan langsung, sedangkan laki-laki atau para ustadz hanya tahu teorinya saja. Masalah haid, nifas, hukum jual beli, menyusui, berhias dan lain sebagainya.

Dari sanalah kami berpikir, kita buat komunitas yuk, sebuah perkumpulan dimana kita bisa saling mengingatkan, belajar bersama-sama dan setiap anggota bisa mengajarkan ilmu atau keterampilan yang dimilikinya.

Komunitas yang kami gagas baru terencana semalam, dengan nama (sementara) Qurrata A'yun, artinya penyejuk mata. Harapannya, komunitas kami dapat menghasilkan alumni para muslimah yang dapat menjadi penyejuk mata bagi keluarga, masyarakat dan dunia, insya Allah.

Oya, mengenai para foundernya, alias kami bertiga, kami tinggal berdekatan sejak SD, Alhamdulillah sampai sekarang. Kebetulan kami punya passion di bidang yang berbeda, Naura di bidang keterampilan, Hilyah di keilmuan dan hafalan, sedangkan aku.. umm, aku apa ya? Pemikiran mungkin? Ahaha, entahlah, aku tidak yakin.

Intinya, karena kami lulus dari sekolah yang sama yang mana banyak mengajarkan ilmu keagamaan, kami memutuskan untuk membuat program hafalan sebagai proyek pertama. Aku terinspirasi dari grup ummahat yang umi aku ikutan, jadi grup ummahat itu selain belajar dan konsultasi agama, juga ada belajar tahsin via online.

Alhamdulillah kami bertiga sudah selesai menghafal Al-Quran saat di sekolah, jadi kami ingin membantu saudari-saudari yang masih membutuhkan bimbingan dalam tajwid dan tahsin. Ini merupakan proyek pertama kami insya Allah. Program ini bernama : Program talqin, tahsin dan tahfidz juz 1 untuk pemula. Program dengan penanggungjawab Hilyah dan Widya (oh iya Widya adalah teman baru kami, ia seumuran kami, musyrifah / pembimbing di Pesantren Minhajus Shahabah) ini akan membuka kesempatan untuk para muslimah belajar tahsin (membaca) sekaligus menghafal melalui grup whatsapp, alumni pertama akan dimulai dari juz 1. Insya Allah setiap kelas (pembelajaran) kurang lebih memakan waktu 3 bulan, dengan estimasi materi 2 kali tiap pekan dan beberapa ujian.

Adapun program lainnya sedang kami susun. Rencananya akan ada komunitas menulis dan dakwah online, mungkin juga komunitas bisnis muslimah muda? Untuk yang satu ini, Naura sudah berpengalaman bisnis handicraft (kreasi tangan) seperti rajutan dan flanel sejak sekolah.

Alhamdulillah.. ini semua baru rencana, tapi kami harap suatu hari akan terwujud, karena kami ingin bermanfaat untuk orang lain bersama-sama. Karena kumpulan lidi yang diikat bersama akan sulit dipatahkan daripada satu per satu lidi meski banyak.

Insya Allah, kami akan membuka kesempatan untuk siapapun yang ingin berbagi faidah dengan orang lain, yang ingin menyampaikan sesuatu yang bermanfaat dan ingin orang lain mengamalkan apa yang kamu sampaikan..

Yuk kita bersama-sama bergandengan tangan, saling belajar dan mengajarkan..
Ingat bahwa..
الدَّالُ على الخير كفاعله
Orang yang menunjukkan kebenaran, maka baginya pahala seperti orang yang mengamalkannya.

Yuk, berbagi manfaat dengan orang lain itu mudah lho...
فَاسْتَبِقُوا الخَيْرَات
Berlomba-lombalah dalam kebaikan.

Kalau ada teman-teman yang punya kritik saran yuk sumbangkan.. kami sangat butuh dengan masukan mengingat kami juga baru pertama kali membuat komunitas seperti ini.

Demikian.
Untuk info lebih lanjut bisa hubungi aku di blog ini, email aizyahcute@gmail.com atau Instagram @aisyah.amma yaaa..
Jazakumullah Khairan.

Broadcast nya :


🎁 Qurrota A'yun mempersembahkan: 🎁
💐 Yuk ikutan!
📚 Program talqin, tahsin, & tahfidz alQur-an untuk PEMULA
📚 Mulai dari juz 1
👩 Khusus Akhwat
👩💻 Via WhatsApp
💰 Gratis
👸👸 Dibimbing langsung oleh:
- Ukhti Hilyaturrahmi (Muhafizhah Alumni 2 Mahad Ibnu Taimiyah Bogor)
- Ukhti Widiyanna (Muhafizhah Alumni Mahad Islam As-Sunnah Lombok)
📗 Metode Belajar:
👉 Talqin 1 halaman tiap pertemuan, Senin & Kamis
👉 Ikhtibar Tengah Juz
👉 Ikhtibar Akhir Juz

📋 Buruan daftar sebelum terlambat, ketik:
Daftar # Nama Lengkap # Usia # Motivasi Ikut Kelas Ini # no. WA
📲 Kirim ke: 0858 1105 4312
📆 Batas akhir pendaftaran 15 September 2017
📅 Mulai kelas 25 September 2017


#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

3 comments

  1. subhanalloh sekali... semoga istiqomah ya :)

    BalasHapus
  2. Saya sdh daftar, tapi blum ada respon
    teknis belajarnya bgmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang prosedurnya begitu kak, cp menerima pendaftaran tanpa balasan, karena terlalu banyak chat masuk.
      Tapi insya Allah sudah terdaftar kok.. ^^

      Hapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah