Latest Posts

Resep dan Panduan Gurah Mata

By 20.18 , ,

Bismillah.



gu.rah
(n) pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan ramuan cairan srigunggu yang diteteskan melalui hidung

Di atas adalah pengertian tentang gurah hidung dalam KBBI. Sebenarnya, gurah tidak hanya bisa diaplikasikan untuk membersihkan hidung alami saja, tapi bisa juga untuk mata, kulit, bahkan (maaf) vagina. Gurah secara umum artinya pembersihan, yaitu membersihkan dan mengeluarkan kotoran / toksin / racun yang mengandung berbagai penyakit.

Gurah yang akan kita pelajari kali ini adalah gurah mata, karena gurah mata dapat langsung dipraktekkan sendiri tanpa perlu banyak teori atau praktikum, selain itu bahannya mudah dan murah untuk di dapat. Gurah mata efektif (In Sya Allah) untuk menghilangkan rasa letih, berat, pucat dan berbagai keluhan mata seperti minus, plus atau silinder.

Salah seorang pegawai klinik di pesantren yang dulunya memiliki minus dan berkacamata Alhamdulillah sudah bisa bebas dari kacamata sejak memakai resep gurah mata ini, bahkan neneknya sudah yang rutin memakainya masih mampu untuk membaca Al-Quran berukuran kecil dengan jelas.

Bahan :
1. Bunga / daun / batang kitolod / katarak.
2. Air bersih dan baik, bisa air zamzam atau kangen water.

Cara :
1. Petik bunga kitolod secukupnya, kelopak hijaunya jangan terbuka, saat mau dipakai baru dipotek kelopaknya, karena yang dipake ujungnya yang ada getahnya.
2. Rendam menggunakan air yg bagus, selama minimal 1 menit sampai getahnya larut dalam air.
Airnya tergantung kebutuhan. Tapu jangan kebanyakan, nantinya jadi ngga kerasa.
3. Kemudian diteteskan ke mata. Usahakan untuk mengedipkan mata beberapa kali agar cairannya bisa memberi manfaat menyeluruh. Bisa dipakai bergantian untuk beberapa kali pakai, tapi tidak fresh lagi jika disimpan terlalu lama. Kalau mau awet, bunganya direbus, cukup mendidih sebentar langsung matikan.

Catatan :
Maksimal penggunaan untuk pengobatan 1 pekan 3 kali, adapun untuk kesehatan sebulan sekali.
Jika semakin pedas efeknya berarti banyak dosa kita dari maksiat-maksiat mata, jadi mata kita sakit. Jika terasa demikian perbanyaklah ber-istighfar, mohon ampun pada Allah atas dosa penglihatan yang pernah kita lakukan.
Selain itu, penawar rasa perih ini juga biasanya menggunakan air biasa yang belum tercampur dengan bunga kitolod nya, teteskan ke mata sampai terasa lebih sejuk.
Karena maksiat bukan hanya merusak jiwa dan hati, tapi juga akal dan tubuh.



Wallahualam.

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

3 comments

  1. baru tahu ada metode gurah mata..
    terimakasi infonya

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu loh Mbak. Biasana gurah lewat hidung. Temanku dulu pernah. Makasih ya informasinya

    BalasHapus
  3. Makasih infonya Mbak, bermanfaat nih..Btw, cari daunnya dimana?

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah