Latest Posts

(Refleksi) Indonesia Merdeka !

By 21.42 , ,

Bismillah.


Masya Allah, tepat hari ini, 17 Agustus 2017 Indonesia telah resmi berusia 72 tahun. Merdeka! Alhamdulillahirabbil Alamin.
Indonesia kita tercinta telah lama merdeka, berdikari dan terus berkembang menjadi lebih baik, aku bangga dengan negaraku.
Bagaimana tidak? Sumber daya alam dan sumber daya manusia kita melimpah ruah di bumi pertiwi ini, pesona pemandangan dan citarasa masakan menjadi nilai tambah di mata dunia.

Sayangnya, kita, bagian kecil dari Indonesia seringkali tidak sejalan dengan para pendahulu dan pahlawan yang berjuang mati-matian membela negara ini. Pernahkah terpikirkan, kalau kita bisa hidup bebas hari ini, terlepas dari penjajahan (dalam arti sebenarnya) karena siapa?
Baiklah, mari kita sama-sama merefleksi diri.

Negara kepulauan terbesar di dunia ini merdeka karena, yang pertama dan terpenting, karunia Allah Ta’ala.
Sudahkah kita mensyukuri-Nya? Bukankah amat mudah bagi Allah mengambil kembali nikmat besar ini?
Kadang kita sendiri yang membuat diri kita tidak merdeka karena menjadikan sesuatu selain Allah sebagai tempat bergantung, berlindung dan mengharapkan pertolongan. Kadang lebih mengharap cinta dan kasih sayang manusia dari pada cinta dan kasih sayang Allah. Itulah yang membuat kita sering merasa kecewa dan tertekan dengan kehidupan ini.
Maka marilah kita bersama-sama, memerdekakan diri kita sendiri dari segala penghambahaan kepada selain Allah, saat itulah kita bisa dikatakan bebas dari segala penjajahan siapapun.

Kedua, karena perantara jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan segala sesuatu yang mereka miliki, harta dan jiwa raga. Subhanallah. Bagaimana dengan kita? Apa yang sudah kita perjuangkan untuk negeri tercinta ini? Peran apa yang sudah kita lakukan untuk mencerdaskan ummat? Langkah apa yang sudah kita lalui untuk memajukan Indonesia? Sejak hari ini, berjanjilah untuk terus mengharumkan nama baik Indonesia dimanapun dan kapanpun kita berada.
Mulai dari hal-hal kecil, cintai produk negeri sendiri, malu menggunakan produk luar, hargai setiap keragaman budaya dan keunikan yang kita miliki. Dari mulai ciri khas tiap daerah, sampai tiap karakter individu, semuanya spesial. Hargai bahasa kita, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.
Terakhir, kembangkanlah rasa penghargaan atas pribadi masing-masing, perbedaan ada bukan untuk berpecah belah, perbedaan adalah keberagaman yang membuat Indonesia kita saling menyempurnakan, Insya Allah.

Akhir kata, aku ingin mengutip teks sumpah pemuda yang bisa menjadi pengingat bagi kita semua :

Sumpah Pemuda
Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Demikian.
Wallahu A’lam.

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

2 comments

  1. Wiih ulasannya 👍
    Jika kita bisa menghargai diri sendiri, semestinya kita juga bisa menghargai orang lain, sekitar kita dan pada akhirnya bangsa kita dengan berbagai budayanya😊

    BalasHapus
  2. Waw kata-katanya, perlu direnungin ne.

    Tetap dan harus selalu bersukur :-)

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah