Latest Posts

(1Hari1Ayat) Kedatangan Yang Tak Diharapkan

By 21.24

Bismillahirrahmanirrahim..



Kematian adalah sebuah keniscayaan, ia datang tanpa diundang, kedatangannya membawa bala sekaligus karunia. Bias jadi kita akan merasa tidak nyaman dengan kalimat kematian ini. Padahal kematian adalah sebuah kepastian. Allah ta’ala berfirman :   


Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. QS Al-Anbiyaa : 35

Sebagai sebuah kepastian, maka kematian tidak bisa diramalkan dan dikira-kirakan. Ia adalah rahasia dari Allah Ar-Rahman. Tidak ada yang bisa lari dari kematian, setiap detik berlalu, setiap menit yang hilang dan setiap hembusan nafas yang kita keluarkan adalah rangkaian dari kematian yang semakin mendekat. Tidak ada tempat berlindung kala kematian datang berkunjung.

Kematian adalah sesuatu yang pasti, dan kita sebaik-baik bekal menghadapinya adalah dengan Islam dan mentaati Sang Utusan, maka apa yang bisa kita dapatkan dari mengingat kematian ?

Manfaat dari mengingat kematian adalah kita akan siap kapan saja dan di mana saja untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam, tidak hanya masalah keagamaan namun juga masalah keseharian yang sering kali kita terlalaikan.

Dengan selalu mengingat mati, seorang atasan tidak akan berani melakukan korupsi, dengan mengingat kematian seorang bawahan tidak akan berani menyuap para pejabat tinggi. Dan dengan mengingat kematian setiap pegawai akan selalu menjaga amanah pekerjaannya, ia tidak akan berani terlambat masuk kerja atau pulang ketika waktunya belum tiba. Dengan mengingat kematian setiap insan akan dilatih untuk berbuat jujur dalam setiap aktiftas kesehariannya.


Mudah-mudahan kita termasuk ke dalam orang-orang yang senantiasa mengingat kematian sehingga hidup kita akan terarah.

Wallahu a’lam.

You Might Also Like

0 comments

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah