Latest Posts

(1Hari1Ayat) Hanya Dengan Do'a

By 07.58

Bismillahirrahmanirrahim..



Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan makhluk lain untuk kepentingan hidupnya, maka tidak aneh apabila kita membutuhkan teman-teman, dan tentu sebagai teman, kita harus saling tolong-menolong, apabila teman kita memerlukan bantuan atau meminta sesuatu kepada kita, tapi.. kalau terlalu banyak meminta sampai menghabiskan waktu kita, tentu terkadang kita merasa sebel kan? Misalnya saja, adikku (perempuan) yang memiliki seorang teman yang cantik dan pintar, Masya Allah, hanya saja (kata adikku dan teman-temannya) dia ini celamitan, sering meminta, kalau ada temannya membawa makanan atau apa, dia selalu meminta, bahkan menambah, xixi.. makanya kalau adikku bawa bekal, kadang malah dititipkan padaku atau dikatakan bekal itu punyaku, jadi temannya itu tidak bisa meminta, karena sekali dikasih, dia akan meminta lebih, kata adikku.

Adikku pernah mengatakan padanya, meminta itu jangan kepada manusia, tapi kepada Allah yang Maha Pemberi dan Maha Mengabulkan Do’a, sebagaimana tercantum dalam ayat berikut :



Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina”. Q.S Al-Mu’min : 60

Sebenarnya, yang aku pahami dari ayat ini, berdo’a kepada Allah disini adalah mengadukan sekaligus meminta sesuatu yang memang tidak bisa kita minta dari manusia, misalnya, berdo’a agar dimasukkan ke Syurga, berdo’a agar diberi akhlak yang shalihah, dsb. Tapi aku tidak tahu apakah makna do’a yang dikatakan adikku itu benar atau salah.

Yang jelas, Allah adalah sebaik-baik tempat mengadu, dan berdo’a termasuk ibadah, tapi jangan lupa, selain berdo’a kita juga harus usaha, kan memang sejatinya, dalam mengharapkan sesuatu, langkah yang harus diambil adalah usaha untuk mendapatkannya, kemudian baru disempurnakan dengan do’a dan menyerahkan segala keputusannya pada Allah.

O ya, tidak ada do’a yang sia-sia lho, pengaruh do’a dibagi menjadi tiga : Pertama, do’a dikabulkan secara langsung, misalnya berdo’a agar diberi banyak rizki, lalu terkabulkan. Kedua, do’a kita diganti oleh Allah dengan yang semisalnya atau yang lebih baik darinya, seperti berdo’a agar berjodoh dengan si fulan yang shalih, namun Allah menggantinya dengan seseorang yang mungkin lebih shalih dari fulan. Ketiga, Allah akan menggantinya dengan pahala yang berlipat ganda di akhirat kelak meski do’anya belum terkabulkan, contohnya, berdo’a agar lulus ujian, namun qadarullah tidak lulus, tapi percayalah bahwa pahala dari do’a itu akan selalu tersimpan, barangkali usahanya yang memang belum maksimal.


Namun bagaimanapun juga, dengan do’a, semua yang kita fikir tidak mungkin, bisa jadi mungkin. 

You Might Also Like

11 comments

  1. iya doa itu manjur loh. kalaupun tidak terkabul, hati terasa lebih plong. Dan mengadu sama Allah itu dijamin gak bocor. hehe~

    maaf boleh saran? tulisannya terlalu kecil, jadi gimana ya..
    mata saya sudah minus jadi harus menyipitkan agar lebih jelas... hehehe
    makasiiiih

    BalasHapus
  2. Setuju mba' Aisyah, doa memang manjadi andalan saya ketika saya sedang susah dan senang, ini bisa membuat hati saya lebih tentram dan tenang mba' :)
    Saya sudah beberapa kali merasakan Keajaiban DOA mba'

    BalasHapus
  3. Subhanallah, benar, hanya dengan doa segala sesuatu yg tidak mungkin bisa menjadi mungkin (disertai dgn usaha, tentunya ^^)

    BalasHapus
  4. doa dan usaha, adalah kombinasi yang pas :)

    BalasHapus
  5. Subhanallah.. Doa itu senjata orang mukmin.. maka banyak-banyaklah berdoa..

    Oh iya.. untuk pemenang GA, tinggal Aisyah sendiri yang belum konfirmasi.. Emailnya saya sudah balas.. jadi mohon dibalas lagi ya. Syukran

    BalasHapus
  6. aaa...cerita adikmu lucu ya dek, temennya celamitan aduuuh smg kita gak seperti itu
    aku setuju apabila kita menginginkan sesuatu itu harus berusaha, jangan hanya doa saja, tapi juga bekerja keras
    bagus tulisan kamu

    BalasHapus
  7. Intinya, tidak ada kata "tidak mungkin" bagi Tuhan :)

    BalasHapus
  8. setuju, setiap doa pasti gak sia2. apalagi jika diagbungkan dengan usaha :)

    BalasHapus
  9. bener, semua yang menurut kita tidak mungkin, bisa jadi mungkin. kalo Yang Maha Kuasa berkehendak.. :)

    BalasHapus
  10. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah,,, btw celamitan lucu ya istilah celamitan itu....

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah