Latest Posts

Ikutan Postcrossing Yuk !

By 12.47

Bismillahirrahmanirrahim..

Akhir-akhir ini jadi agak jarang buka blog ya, selain karena wifi yang suka eror, juga karena aku punya kesibukan baru, yaitu ikutan postcrossing..
Apa itu postcrossing? Postcrossing itu intinya mah tuker-tukeran kartupos (istilahnya swap) di situs resminya disini. Caranya mudah, Cuma buat akun, kirim kartupos, nanti mesin akan mengacak alamat yang akan kita kirimi, terus dikirim, dan tinggal nunggu balesan dari oranglain, karena kalau udah ngirim, otomatis alamat kita akan masuk daftar ‘acak’ mesinnya, semudah itu kok.



Kalau dari segi biaya, ya lumayan banyak sih, meski tarif perangko ke luar negeri tiap kantor pos beda-beda, ada yang buat kebijakan sendiri, apalagi di kantor pos Bogor yang tarifnya pukul rata 10.000 ke semua negara di luar negeri, padahal ada kantor pos yang ke Belanda aja 5.000 udah boleh.. he, kok jadi ngomongin tarif sih.
Kembali lagi keatas, selain biaya perangko, kartuposnya juga, harga kartupos standarnya 3.000 - 3.500, yang spesial (khas Indonesia dan ada tulisannya di bawah) harganya 4.000 – 5.000,  diatas segitu udah mahal menurutku (foto luar negeri atau lukisan misalnya), kalau dibawah 3.000 murah yah, tapi biasanya kebanyakan kurang menarik atau biasa aja (perhatikan bahan kartupos dan gambarnya).

Kartu pos murah, standar, spesial, mahal.


Terus terakhir, biaya ongkos ke kantorposnya, misalnya aja aku yg tinggal di jauh dari kantor pos, ongkos bolak-baliknya kan dihitung, makanya aku lebih suka nitip ke abi buat ngirim daripada harus kesana sendiri.

O ya, kartu pos yang kita kirim dan kita terima dari situs resmi, itu namanya official postcards, karena diluar sana, kita bisa direct swap, yaitu tuker-tukeran kartupos diluar tanggung jawab situs, bisa di facebook misalnya, malah kalau direct swap, kita bisa tukeran kartupos mint (kosong) buat disimpen atau dikirim ke orang-orang tertentu.
Meski pengeluarannya cukup banyak, tapi kita nggak dirugikan kok, kan namanya juga tukeran, kita juga akan dapet, plus teman baru, pengetahuan baru, dan kenangan baru, untuk lebih jelasnya, ini pendapat para kakak-kakak senior kita :

By : Card To Post
Wah, banyak banget hal serunya. Pertama, kejutan. Rentang waktu pengiriman kartu pos itu bikin hati kita deg-deg ser. Bagi si pengirim, deg-deg-ser-nya itu karena kepikiran apakah kartu posnya sampai atau nggak. Bagi si penerima, tentunya seperti apakah kartu pos dan kapan kartu pos itu sampai pasti bikin penasaran. Pokoknya, kotak surat menjadi kotak penuh kejutan deh.
Kedua, pesan yang dibuat lewat kartu pos pasti dibuat dengan mengerahkan segenap hati dan pikiran. Apalagi kalau gambar di sisi depan kartu posnya dibuat sendiri. Kreativitas pun diuji. So, karena itu lah pesan dalam kartu pos memiliki nilai yang lebih spesial.
Ketiga, kartu pos adalah bentuk komunikasi yang berwujud. Ada intimasi, dapat di sentuh alias tidak maya. Kita bisa menyimpannya sebagai sebuah memorabilia yang menandai momen dan perasaan yang berkesan. Kita bisa memajangnya di tembok kamar atau menyimpannya di album sehingga bisa kita lihat dan pegang kapan saja.
Sisanya silahkan rasakan sendiri.

By : Kak Fathia Rahma
Kalau aku sih ya belajar bahasa inggris, nambah temen, jadi tahu tentang negara lain, dll..

By : Syauqi Ahmad Fauzi
Pertama, hobi dan kesenangan. Kedua, belajar bahasa asing, karena itu hobi aku juga. Ketiga, barang koleksi yang bisa jadi berharga setelah sekian lama. Banyak sih sebenernya, cuma menurut aku, uang yang kita keluarkan untuk apapun, akan berguna buat kita. Tentunya untuk postcrossing juga...

By : kak Astri Rizki
Kalo buat aku sih ini bermanfaat bgt ya, bisa 'keliling dunia' cuma modal postcard dan prangko. Selain itu juga bisa dapet temen dari luar (kali aja someday pas ke luar bisa nginep gratis di rumah nya hehe) yg kita juga bisa belajar sesuatu dari mereka yg mungkin gak bakal kita dapet di sekolah such as tempat2 bersejarah di negara mereka, tradisi mereka, kita juga bisa sekalian belajar bahasa dari native speaker. Trus bisa improve writing skill kita juga kan (: actually banyak kok manfaat nya. Coba kasih pengertian ke ayah aja, toh hobby ini masih positive. Jauh bgt malah dr negative. As long as it doesn't ruin your school and gak ngabisin uang banyak aku kira ayah bakal ngerti. Aku sih dulu pas sekolah hobby jd fangirl, jd suka beli ini itu tp aku gak pernah minta uang sama org tua buat hobby ku. Pinter2 nyisihin duit jajan aja sih, jd ortu gak complaint hehe

By : kak Connie Chan
untuk pribadi tiap org mungkin keuntungannya beda2 ya mbak  kalo aku pribadi, tujuannya utk nambah teman pastinya, belajar ilmu baru juga jadi tau kan kl di negara lain ada yg namanya inilah bentuknya seperti inilah dll) lwt PC, nambah wawasan soal negara lain kyk letaknya dimana, ibukotanya apa, kotanya apa, tujuan wisatanya dimana, benderanya kyk apa dari PC  trs aku suka travelling (wlpun blm pernah ke LN  ) jadi kalo nanti klr bisa ketemuan/punya tmn utk jeje/mitup/bisa nampung. terutama juga utk memperlancar inggris
traveling hanya dgn lwt PC lbh murah drpd beneran kan?
kalo ayahmu keberatan masalah ongkos semuanya bisa diatur sesuai budget aja, ga perlu maksa harus kirim banyak... jatahin aza 1bulan brp puluh ribu. prangko utk PC kan max 5rb uda bisa, 20rb udah bisa kirim 4 PC perbulan ya lumayan yah  utk PC, beli yg murah aza, kan ada yg jual seribu/PC
pintar2 diakalin aza kok mbak, jgn memaksakan kehendak musti kirim byk2. kan byk GA juga di kpi  lumayan menambah koleksi tanpa hrs klr duit kan?


Keren kan? Aku udah ikutan lho.. kapan giliranmu?
O ya, buat yg mau direct swap sama aku, silahkan cek disini..
Happy Postcrossing ^_^

You Might Also Like

7 comments

  1. saya sering menang hadiah kartu post tapi kenapa gak ada yg nyampai satu-pun di rumah? >.<
    padahal pak posss udah sering nganterin paketan >.<
    gitu tu nyasar atau gmn yaaa? atau nyelip?

    BalasHapus
  2. kak Litha : wah gatau deh kak, barangkali alamatnya salah?

    obat jantung : swap yuuk..

    BalasHapus
  3. Hai. hai... akhirnya ketemu juga di sini :)

    BalasHapus
  4. Aah sudah lama kakak pengen ikutan tapi dalam rangka penghematan kk tunda dulu

    BalasHapus
  5. salam dari senerang,
    apa bole swap postcard?

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah